Geologi Struktur

9 Oktober 2008 pukul 13:53 | Ditulis dalam Kuliah | 25 Komentar
Tag: , ,

Kekar (Joint)

Kekar adalah suatu retakan pada batuan yang tidak/belum mengalami pergerakan.

Kekar dapat menjadi tempat tersimpannya sumber mineral industri tertentu, atau sebagai jalan bagi aliran air tanah.

Kekar dapat terbentuk sebagai:

  1. Kekar pengkerutan, disebabkan oleh gaya pengkerutan yang timbul karena pendinginan atau pengeringan, biasanya berbentuk poligonal yang memanjang.
  2. Kekar lembaran, sekumpulan kekar yang sejajar dengan permukaan tanah, terutama pada batuan beku. Terbentuk karena hilangnya beban di atasnya.
  3. Kekar tektonik, terbentuk karena proses tektonik, atau gaya-gaya akibat pergerakan permukaan bumi.

a. Berdasar genesanya

1.      Kekar gerus:     kekar yang terbentuk oleh gaya kompresi. Biasanya berpasangan, pada breksi memotong fragmen, bidang kekar lurus dan rata. Batuan akan menjadi terkoyak atau menjadi rapuh.

2.      Kekar tarik :     terbentuk oleh gaya tarik. Biasanya tidak berpasangan, tiak memotong fragmen pada breksi, bidang kekar biasanya tidak lurus dan tidak rata. Batuan menjadi terbuka

b. Kedudukan terhadap bidang lain

1.      Dip joint

Jurusnya relatif sejajar dengan arah kemiringan lapisan batuan

2.      Strike joint

Jurusnya sejajar dengan arah kemiringan lapisan batuan

3.      Bedding joint

Bidangnya sejajar dengan bidang perlapisan batuan di sekitarnya

4.      Diagonal joint

Jurusnya memotong miring bidang perlapisan batuan sekitarnya

Sesar/Patahan (Fault)

 

Adalah kekar/retakan batuan yang telah mengalami perpindahan atau pergeseran.

Beberapa bukti adanya sesar adalah:

- cermin sesar dan gores garis

- pergeseran bidang pelapisan batuan, urat, dsb.

- zona hancuran atau breksiasi

- perulangan lapisan yang sama

- hilangnya lapisan yang seharusnya ada (disebut hiatus)

- bukti-bukti fisiografi, misalnya kelurusan sungai, gawir sesar, dsb.

Macam-macam sesar

1. Berdasar gerak hanging wall terhadap foot wall

a.       Sesar turun/normal = cirinya adalah adanya pemanjangan, ada lapisan hilang

b.      Sesar naik = cirinya adanya pemendekan, ada lapisan yang menumpuk

2. Berdasar ada tidaknya gerakan rotasi

a.       Sesar translasi

Masing-masing blok tidak ada gerak rotasi. Garis yang sejajar dengan blok lain tetap sejajar.

b.      Sesar rotasi

Terdapat gerak rotasi antara blok yang satu dengan yang lainnya. Ada titik yang tidak mengalami pergeseran.

3. Berdasarkan rake net slip

a.       Strike slip fault : Arah gerakan sejajar bidang sesar

b.      Dip slip fault : Arah gerakan teka lurus bidang sesar

c.       Diagonal fault

Pergerakan Sesar

1. Stick slip (tidak kontinyu)

Sesar yang bergerak secara tiba-tiba dengan menyimpan energi besar seperti ini menyebabkan terjadinya gempa bumi.

2. Stable sliding (kontinyu)

Disebabkan oleh adanya fluida yang menyebabkan gerakan terus berlangsung.

Lipatan (Fold)

Adalah permukaan pada batuan, baik dalam batuan sedimen maupun batuan metamorf. Bila penekukan membentuk busur, dinamakan antiklin. Jika berbentuk palung disebut sinklin.

Ketidakselarasan

Adalah suatu bidang erosi yang memisahkan batuan yang lebih muda dari lapisan lain yang telah terbentuk sebelumnya.

Proses terbentuknya adalah:

1.      Pembentukan batuan tua

2.      Adanya erosi dan pengangkatan

3.      Pengendapan batuan yang lebih muda

Macam-macam ketidakselarasan

1. Angular uncomformity

Ketidakselarasan yang terbentuk akibat adanya sudut antara lapisan yang tua dengan lapisan yang lebih muda.

2. Discomformity

Adanya lapisan yang hilang antara lapisan yang tua dengan lapisan yang lebih muda. Sehingga umur kedua lapisan memiliki selisih yang sangat jauh.

3. Noncomformity

Adanya batuan kristalin (beku/metamorf) yang berbatasan langsung dengan batuan sedimen.

Sumber:

http://www.ums.edu.my/sst/geo/Kekar.htm

http://www.ums.edu.my/sst/geo/Mekaniksesar.htm

http://id.wikipedia.org/wiki/Geologi_struktur

About these ads

25 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. .dah bagus kx,q jadi tau bedane macam2kekar buat belajar to olimpiade….thx u..slm knal..q dri solo,jateng

  2. ok2, makasih..
    sukses ya buat olimpnya. baru ya.. olimpiade ilmu bumi ato apa tuh namanya..
    saingannya astronomi. hehe

  3. Hohoho
    ^o^
    Sepertinya pernah baca. Hehehe…

  4. aQ mW tW apa aja aPlikasi dR geologI struktur…??

  5. ntar aq posting paperku tentang geologi struktur vs struktur geologi,,
    smoga bermanfaat

  6. Bagus bnget ya…klu gitu bagi2 dong ilmunya..!
    aq lg butuh banget paper temtang :
    1. Unsur2 struktur geologi, tapi secara Geometri
    2. cara membaca & menggambar simbol unsur2 struktur geologi
    3. proyeksi unsur2 struktur geologi
    4. kliping ttg struktur geologi
    5. tentang analisa kekar
    jadi terlebih ucapkan trima kasih dulu ya…

  7. kata dosenQ, antara geologi struktur and struktur geologi itu beda. bedanya apa?

    • bedanya???

      struktur geologi itu objek yang dipelajari di geologi struktur,,

  8. lengakapi dengan gambar dong penjelasannya bozz!!!

  9. sabar2.. ini tu tugas kuliahku semester 1 sbenernya.. emg gak aq kasih gambar. y ntar klo sempet aq lengkapi dah..
    makasih bwt kritik & sarannya..

  10. Halo mas,
    saya rahmat. saya anak teknik pertambangan Universitas Sriwijya,

    Sekarang saya ada di semester 4, dan sekarang lagi mempelajari tentang struktur geologi,

    bolehkah saya minta bahan tentang geologi struktur khususnya tentang liptan..
    terima ksaih

    • oke,, boleh2,,, aku juga punya paper tentang lipatan..
      nanti kuposting juga di sini sekalian

  11. tulisannya dah bgus.
    tapi bener kata orang bahwa terkadang ada penjelasan yang harus pake gambar,
    jadi lebih bagus lagi ada gambarnya,
    thank’s

  12. thanx

  13. udah cukup bagus, tapi masih terlalu basic
    kalo bisa lebih di perjelas lagi soalnya bahan yang mas posting udah ada di geologi dasar…

    tolong kasih penjelasan yang lebih komplit lagi ya mas

    secara keseluruhan udah bagus mas, LANJUTKAN!!!!hehehe

    thax

  14. thank’ bos…..

  15. BOz,,, Kromkan fuji Gambar2 / foto tentang artikel d,atas koz penting nie tuk nyari tugas,,, bisa kirim lwat email.. makasih… mohon bantuannya iayaaaa…..

  16. bgus tuh pnjelasan d atas,, tpi klu bsa tmpilkan gmbar..
    oya aq mw nnya tntang kristal mineral..
    klu ada jabarannya, ntr tlong krim email ja okey..
    tanks

  17. bagus … terusin nulisnya.nyang ginian nih maseh langka buanget..n ilmu geologi makin ngetrend lhoh

  18. iya nih, ditulis lagi dong, byar saya tambah pintar belajar geologi! ROTFL

  19. When Federal overtime labor laws apply, they are not permitted to be waived based on an agreement between an employee and an employer.

    If you get arrested for DUI and failed in sobriety test then there is no doubt that the moments of fun will get turned
    to a horror story within few seconds. All about the required 20 minute observation, or “watching,” period prior to
    administration of the official breath test.

  20. After exploring a number of the blog posts on your web
    site, I seriously appreciate your technique of blogging.

    I book marked it to my bookmark site list and will be checking
    back in the near future. Please check out my web site as well
    and let me know your opinion.

  21. Download your Free Copies of Our Fishing Secret Weapon Special Reports At:
    . However, it isn’t that easy to catch it as its location is an important consideration. There are many
    lakes that shelter plentiful carp and this is the chief
    reason why people plan their holiday location to this marvelous country.

  22. Thanks for finally talking about >Geologi Struktur | under construction™ <Liked it!

  23. Hi! I realize this is somewhat off-topic however
    I had to ask. Does operating a well-established website such as yours require a large amount of work?
    I’m completely new to blogging however I
    do write in my journal every day. I’d like to start a blog so I can
    share my experience and feelings online. Please let me know if you have any kind of ideas or tips
    for new aspiring bloggers. Appreciate it!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.672 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: