gprs axis aneh

Dengan tarif 0,1 rupiah/kb, axis sangat diminati oleh para penggemar gprs. Dengan limit data per hari 10 mb (lebih dari itu dihitung Rp 1/kb), lumayanlah kalo cuma buat YMan ato buka2 email. Tarif segitu cuma berlaku sampe 31 Agustus 2008 saja. Entah besoknya lagi berapa,,

Untuk settingan di hape maupun di komputer adalah sbb: Jika setting lewat sms gagal (pada siemens seri tertentu, setting yang dikirim hanya terbaca sebagai data message dan tidak dapat terinstal otomatis) dapat dilakukan setting manual sebagai berikut:

Name : axis (terserah)

APN : axis

Username : axis

Password : 123456

Homepage : http://wap.axisworld.co.id

IP address : 10.8.3.8

Port : 9201

Beberapa kelebihan axis adalah:

Baru beberapa hari dirilis, jangkauannya sudah lumayan luas, mancakup daerah kota Jogja dan daerah pinggiran. Contoh: di rumahku. Dulu sinyal 3 (three = tri), baru nyampe sini setelah berminggu-minggu. Itu pun sampai sekarang sinyalnya masih loyo (nongol cuma kadang2). Berbeda dengan axis yang sinyalnya stabil di atas 50%. Sip lah untuk koneksi gprs.

Tarif murah. Kalo dihitung-hitung, sehari dapet jatah 10 mb hanya dengan seribu rupiah saja.

Beberapa kelemahan gprs axis:

Tarifnya tidak menentu. Kadang2 pulsa yang keluar sesuai dengan data counter di komputer. Tetapi seringkali pulsa yang keluar lebih banyak. Aku pernah nyoba hitung2, tarif nggak normalnya jadi Rp 0,3/kb. Bahkan temenku pernah ngitung2 juga Rp 0,5/kb. Lebih apes lagi temenku yang lain, hanya login ke yahoo messenger aja, pulsanya kepotong 1000. Nah, ati-ati aja kalo pake. Tapi tetep lebih murah dibanding pake M3 kok.

NB: menurut pengalamanku pake axis, begitu konek internet, pulsanya dipotong dulu. Baru setelah selesai, jumlah potongan pulsa yang tersisa akan dikembalikan lagi. Jarak waktunya hanya beberapa menit setelah diskonek. Model ini mirip dengan gprs mentari (dulu, kalo sekarang gak tau, udah gak make). Hanya saja, kalo mentari balikin pulsanya bisa lama banget, sampe sehari-dua hari.

Koneksi kadang2 tiba-tiba berhenti. Statusnya tetap connected, tetapi data nggak mau jalan. Jika dilihat pada status koneksi, dapat diamati bahwa jumlah data terkirim tetap jalan, tetapi data yang diterima nggak nambah2 juga. Bahkan sering juga keduanya nggak jalan, alias macet. Kalo lagi untung, beberapa detik atau menit kemudian jalan lagi. Tapi kalo lagi apes, koneksi harus diputus dulu, baru disambung lagi (punyaku sering banget).

Tips beli pulsa axis:

Karena belum ada voucher pulsa eletronik, maka yang baru tersedia adalah voucher pulsa fisik. Nah, biasanya voucher fisik itu lebih mahal daripada tronik. Harga distributor paket kartu axis adalah sbb:

starter pack atau perdana: Rp 6.000,00

voucher 10 ribu: Rp 10.000,00

voucher 20 ribu: Rp 20.000,00

Dari harga tersebut, dapat diperkirakan harga jual di tingkat pengecer. Anggap saja ambil untungnya Rp 500,00 setiap penjualan. Jika ada yang menjual dengan harga lebih dari itu, dipastikan mereka mengambil untungnya lebih banyak. Nah, kalo Anda merasa tidak sreg dengan harga segitu, berani-beranilah untuk menawar. Walaupun Anda belinya nggak di pasar. Hehe. Namanya juga jualan, mesti nyari untung. Tapi kalo jualan mereka terancam tak laku, apa boleh buat. Harga jual turun dikit gak masalah, yang penting tetap untung.

6 thoughts on “gprs axis aneh

  1. pulsaku hilang selama 2 hari dan gak balik2 juga,,,
    tak itung2 sih gak nyampe segitu..
    bener2 aneh,,
    apa emang dah lewat 10mb yah..ehehe

  2. gamo berkata:

    allow…. ru kali ni q nyoba mampi. q nyoba ngecek nih.pengen juga sih pake axis.tapi kok lom da network tele_lippo, ah apalah. q pikir pasti gak bisa. wah deso q masih terpentil ya.

  3. askum,

    mas kalo misal konek gprs ke komputr , tp hanya untuk browsing dan YM an aja..
    trus saat gak ngeklik apa2, trus Ym nya jg pas idle. Kenapa counter data jalan terus ???

    Ini yg bikin boros di saat kita gak ngapa2in, pas lg baca hasil browsingan lama smntr counter jalan terus… gmn ini ms ?

    tlg jawab via email aja kalo bisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s