Pengalaman Pertama Lihat Gerhana

Malam itu (tadi malem, tanggal 16 Agustus 2008) aku ikut tirakatan malam HUT RI ke 63 di kampung. Sebenernya muales banget. Tapi karena jiwa sosialku tiba-tiba muncul, dan gak enak kalo gak keliatan oleh pemuda sekampung yang lain, akhirnya kuputuskan untuk dateng meski agak telat. Ternyata udah telat banget. Teater adek2 kecil udah selese. Sampe di sana, langsung ke belakang layar. Waktu itu semua pemuda laki-laki bertugas ngeluarin makanan dan minuman untuk menjamu para peserta tirakatan. Mau gak mau, tetep di tempat itu sampai tengah malem. Akhirnya bantu-bantu membungkus doorprize dan hadiah lomba g*pl*. Jam 2.15 aku menyerah. Udah ngantuk gak karuan. Trus pulang bareng seorang tetangga yang juga udah bosen klimpang-klimpung di situ.

Berhubung ada berita bahwa malem itu mau gerhana bulan, aku bentar-bentar liat ke atas. Bulannya masih bulet2 aja. Tapi karena gak ada kepastian gerhananya jam berapa, lalu aku buka detik.com. Waktu itu pake opera mini. Katanya temenku liat di situ, antara jam 1 sampe jam 3. Beuh!! Emang mau liat langit 2 jam?! Tengeng nih leher! Tapi ternyata setelah buka detik.com gak nemuin apa2 (malah baca artikel roy suryo tentang lagu wajib Republik Indonesia. Kasihan, roy di situ dicaci maki oleh para komentator), akhirnya googling deh. Keywordnya gerhana bulan. Ada yang dari wikipedia, ada yang dari youtube. Ada juga punya blog orang, tapi nyeritain gerhana tahun lalu. Nah, ada satu yang baru! Hiburan gerhana bulan setelah tirakatan. Blognya sapa ya, lupa. Ngutip dari detiknews.com. Akhirnya kubuka deh.

Di situ ada tulisan tentang kapan akan terjadi gerhana. Menurut Mutoha, Ketua Jogja Astro Club, gerhana sebagian, dan terjadi akan terjadi tanggal 16 Agustus malam, atau tepatnya 17 dini hari. Nah, ada jamnya juga, yaitu pukul 2.36 hingga 5.45 WIB. Begitu liat waktu terjadinya gerhana itu, secara insting langsung lihat jam kan? Dan ternyata, Subhanallah,,, aku bener2 gak nyangka! Waktu itu jam di opera mini tepat menunjukkan pukul 2.36! Benar-benar di luar kesengajaan. Akhirnya karena waktu itu lagi di luar kamar, secara reflek langsung lihat bulan yang sudah condong ke barat. Dan ternyata benar. Bagian atas bulan sudah terlihat agak gelap. Tampaknya itu adalah bayangan penumbra, dan mulai proses terlihat bayangan umbra. Wow, baru kali ini lihat gerhana secara langsung.

pas banget

pas banget

Makin lama bayangan itu makin tebal dan meluas. Hingga pukul 3 lebih, aku sebentar-sebentar nengok ke atas. Bagian bulan yang tidak tertutup bayangan semakin sempit. Hingga akhirnya terlihat seperti bulan sabit. Ingin banget aku foto. Tapi sayangnya batrenya udah habis karena dipake pas malem tirakatan tadi. Aku sempet liat suatu bintik hitam melayang di antara pandanganku ke bulan. Itu tadi apa ya? Ah, mungkin cuma seekor kelelawar yang lagi terbang.. Karena ingat kalo lagi ngantuk, akhirnya tidur. Gak tau bayangannya masih meluas lagi atau nggak.

7 thoughts on “Pengalaman Pertama Lihat Gerhana

  1. hihihi,,,ketauan deh Al

    tirakaran rame y Al? aq paliiing mlz jdi panitia remaja di dusunku TT

    tpi laporan gerhananya menarik,,,sayangny aq kburu tepar dan ahadny masih ada amanah lain,,,

    moga-moga umurku sampai ke gerhana selanjutny😀

    (kapan y?)

  2. northernhemisphere berkata:

    seharusnya ente sms lb awal, jadi bisa nonton bareng (walaupun di tempat yang berbeda),,,,
    aku wis menyerah, nunggu sampe jam 2…..

    huh…

    eh g nyerah ding, soale paginya harus ngurusi anak2, jadi butuh persiapan…..

    tapi next, nek ada gerhana lagi kabar-kabari ya,,,,
    nuwun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s