Ospek MIPA UGM PASCAL 2008: Tak Ada Pembodohan

Ketika tahun ini ditakdirkan jadi panitia ospek, aku udah pasrah. Tinggal nambah kesiapan jadi panitia. Harus siap menjadi contoh bagi maba. Harus siap memberi nilai-nilai keteladanan. Harus siap bangun pagi-pagi. Dan kesiapan-kesiapan lainnya. Akhirnya beberapa hari sebelum ospek berlangsung, diadakanlah simulasi. Oiya, buat perkenalan aja, nama ospek fakultas mipa bernama PASCAL. Kepanjangannya adalah Pengenalan kAmpus SCience Awal kuLiah. Tahun ini bertema: Generasi Pembelajar Sebagai Akselerator Peradaban. Wuih,,kata-katanya berwibawa.

Aku jadi ingat kejadian setahun yang lalu. Setahun kurang dua hari tepatnya. Waktu itu pra pascal 2007 tanggal 22 Agustus, dan pascal berlangsung pada tanggal 23-25 Agustus. Hanya tiga hari. Berbeda dengan tahun ini yang berlangsung selama 4 hari. Ya, bertambah satu hari, karena ospek universitas tahun ini ditiadakan. Entah karena kegiatannya kurang bermanfaat, kurang efektif, atau gimana.

Akan tetapi ada yang berbeda tahun ini. Pihak universitas tidak menghendaki adanya kegiatan-kegiatan yang bersifat pembodohan alias tidak mendidik. Salah satu hal yang disoroti yaitu masalah topi. Jika menengok ospek-ospek tahun lalu, baik FMIPA maupun fakultas lain di UGM secara keseluruhan, maka salah satu ciri khas para peserta ospek adalah topi yang dipakai oleh para peserta. Topi ‘handmade’ tiap fakultas unik-unik. Ada yang dari karton, ada yang dari koran, dan di MIPA sendiri terbuat dari belahan bola plastik dengan warna tertentu. Pokoknya lucu kalo dipake. Apalagi kalo bikinnya kegedhean. Jadi bentar-bentar memperbaiki posisi topi yang miring. Hihi.

Nah, untuk menindaklanjuti hal itu, dibuatlah peraturan baru. Pihak fakultas panitia telah menyiapkan topi (beneran) untuk para peserta ospek. Sudah dibagikan ketika pra ospek tanggal 19 Agustus hari ini. Topinya berwarna hitam dan bertuliskan PASCAL 2008. Bagus pokoknya kalo diliat. Sampe-sampe para panitia juga pengen dapet topi itu juga. Tidak hanya topi, pihak fakultas panitia juga memberikan tas jinjing bermerek PASCAL secara gratis yang biayanya dianggarkan dari iuran peserta. Tapi kok rasa-rasanya kalo diliat agak gimana gitu. Warnanya hijau. Kayaknya karena sedang menggalakkan slogan MIPA yaitu MIPA GO GREEN. Jadi, kalo liat anak UGM yang sedang ospek bawa tas tenteng hijau dan bawa topi hitam, bisa dipastikan itu anak MIPA. Hehe.

Selain masalah topi dan tas, masih ada beberapa hal lain yang berbeda dengan pascal tahun lalu. Kalau dulu yang turun tangan kepada mahasiswa baru adalah mahasiswa lama secara keseluruhan, tahun ini ada campur tangan dari dosen. Yaitu di bagian kepemanduan atau materi. Sedangkan tugas-tugas pascal yang diberikan kepada maba masih tidak jauh dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu seperti penugasan pembuatan essay dan sebagainya. Rahasia donk! Ntar maba tahun depan dapet bocoran lagi..

Pokoknya, semangat deh buat maba MIPA. Juga buat maba-maba fakultas yang lain. Selamat menjalankan ospek! Insya Allah itu semua berguna buat kalian nanti. Jangan banyak berkeluh kesah. Tinggal kerjakan saja tugas-tugas dari kakak-kakakmu yang baik hati ini. Hoho. Tetapi ada satu hal! Jangan lupa tidur! Ingat, kesehatan merupakan syarat utama ikut ospek. Dan karena tahun ini ospek bersifat wajib dan menjadi syarat kelulusan, maka jangan ada alasan untuk tidak ikut ospek. Toh kalau benar-benar terpaksa gak bisa ikut, semoga bisa ikut ospek tahun depan.

Udah itu aja sedikit cerita dari ospek di fakultas MIPA UGM 2008. Sekiranya ada kekurangan, aku minta maaf. Karena emang gak ngasih lebih. Hehe. Gimana dengan fakultas yang lain ya? atau universitas lain?

NB: terima kasih buat mas Aza atas ralatnya (walaupun telat bgt ngeditnya).

5 thoughts on “Ospek MIPA UGM PASCAL 2008: Tak Ada Pembodohan

  1. klo di kampusku OSPEKnya namanya Ta’aruf Week (ojo mikir macem macem)

    Smua Maba dikasih baju khas malay (mreka mromosiin batik gtu deh).

    krn univku univ muslim, jdi y kgiatanny islami gtu.

    Trus, yang bikin aku berkesan tu hari trakhir Ta’aruf diambil sumpah di depan petinggi kampus gtu, kita baca nasyid asma’ul husna, trus nyanyiin lagu kampus (sumpah bikin mrinding TT) dan yg paling serius tu baca sumpah, hehe,,,,

    y dan yg paling penting, dri ta’aruf itu kita mengenal n ngerti gimana kuliah yg baik n bener (mule dari aturan yg seabreg, ampe cara ambil matkul onlen)

    tfs Al😀

  2. northernhemisphere berkata:

    ane ra ditrima jadi panitia INVANTRI (ospek teknik), dibpecat sebelum jadi panitia…..
    (ekspresi= biasa + sedikit bingung)

  3. aza berkata:

    Assalamualaikum wr.Wb
    gimana kabar salah satu panitia pascal 08?
    semoga sehat
    da beberapa hal yang ingin saya luruskan terkait tulisan anda
    1. Maba membayar sejumlah uang untuk kegiatan PASCAL
    2. Topi dan tas yang ngusulin dan membuat panitia PASCAL 2008
    Terkait PASCAL yang berlansung kemarn menurut anda gimana?
    klo dinilai dari meteri, keprofesionalan panitia, kesiapan maba, dll gimana?
    Terima kasih
    Wassalamualikum Wr.Wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s