Diary Pascal 2008: Hari ke-1

Tanggal 19 malam merupakan malam pertama paling sibuk bagi para tentara NKRI. Bahkan aku melihat salah seorang prajurit dari negara tetangga yang juga sedang bersiap mengikuti perjuangan di negaranya. Malam itu pukul 23.30, aku menyusuri parit Mataram untuk menuju ke tempat persinggahan. Wah bahasanya terlalu susah. Pakai yang biasa aja ya. Hehe.

Tampak di depanku seorang pengendara sepeda motor bernomor polisi AD 6*** SP (hayo siapa?? Pasti anak kost). Sedang melaju ke arah timur, melewati bundaran pascasarjana. Masih dengan atribut lengkap: pakai sepatu, kaos kaki, celana hitam, dan jas almamater. Di lehernya dikalungkan sebuah karton yang berlubang di bagian tengahnya. Sampai di perempatan polres bulaksumur, dia berbelok ke arah selatan. Wow, sampai jam segitu masih mencari buruan. Hebat sekali..

Malam itu baru tidur pukul 00.00 lebih. Paginya bangun pukul 4.15. Setelah mandi dan sholat subuh, dikenakanlah pakaian kebesaran panitia pascal. Tentu saja pakai jas almamater. Bertolak dari lokasi pukul 05.07, menuju kampus mipa. Di tengah jalan lihat beberapa orang berpakaian ospek. Kemeja putih, dasi hitam, celana panjang hitam. Wow, jam segini udah mau berangkat ospek??!! Hebat sekali! Semalem ngapain aja tuh anak?

Akhirnya tiba juga di kampus mipa. Agak samar-samar (soalnya hari masih gelap) terlihat seorang yang sama-sama pakai jas almamater berdiri di depan pintu gerbang. Ah, pasti panitia. Ternyata dugaanku salah. Dia juga peserta!! Gasik tenan! Jam segini udah dateng mau ngapain? Berebut tempat duduk di depan? Hehe. Tak cuma 1 atau 2. Begitu tiba di basecamp untuk sarapan, mulai bermunculan maba-maba yang lain. Huebat bener! Jam 5.15 udah pada dateng. Janjian kali ya? Padahal acara dimulai pukul 06.00 WIB. Mungkin buat jaga-jaga biar gak telat. Hohoo.

Setelah sarapan, briefing pun dimulai. Singkat cerita, pukul 06.00 (+3 menit) upacara dimulai. Kok anggota kompiku ada yang hilang ya? Dari seharusnya 16 orang cuma 11 saja. Yah, ternyata pada telat. Zzzzzrrrrrrrrtttttt….zrtzrrtzr….(fast forward)

Yang melakukan pelanggaran ringan ada 190 orang, sementara pelanggaran berat ada 11 kasus. Oleh MP alias Mahkamah Pascal, pelanggaran berat itu diklasifikasikan lagi ke 3 bagian, yaitu tingkat 1, 2 dan 3. pelanggaran berat tingkat 1 ada 8 orang, dan tingkat 2 ada 3 orang. Sementara, jika melakukan pelanggaran berat tingkat 3, akan dikenakan sanksi dikeluarkan dari pascal. Konsekuensinya nanti adalah tidak lulus pascal, dan otomatis tidak mendapatkan syarat untuk lulus kuliah nanti. Rrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrtttttttttttttt (fast backward)

Hari itu cuaca terasa panas. Belum lagi jalan bolak-balik dari tempat maba ke basecamp tak terhitung berapa kali. Apalagi ketika basecamp inspektur dipindah oleh operasional alias perkap, argghhh,,, jadi jauh banget. Gak ada lagi makanan dan minuman di sana. Tetapi para inspektur tetap harus bersemangat. Ternyata hambatan itu banyak sekali. Mulai dari rasa ngantuk (beneran), pusing, mual-mual, muntah, gak ding. Pokoknya lapar, haus, capek, datang silih berganti dan bertumpuk-tumpuk. Miunimbulkan perasaan ngantuk dan kebosanan yang mendalam. Membuat para inspektur harus lebih senang duduk manis dan ikut mendengarkan ceramah dari para pemateri. Pokoknya gak ada hiburan lain kecuali dapet konsumsi lebih. Tapi sayangnya udah habis. Huff..    Rrrrrzzzzzrrrrrzzzzzztttt (kaset ruwet). Bentar, ganti mp4 player aja deh.

Karena adanya campur tangan pihak dekanat, jadwal acara jadi berubah-ubah. Ada acara yang waktunya tambah, ada yang berkurang. Hingga ada yang jadi terlambat. Istilah gampangnya, acara jadi agak semrawut. Tapi untungnya acara masih bisa berjalan tanpa hambatan yang berarti. Upacara pagi itu dipimpin oleh Reza dari Ilkomp. (Lho, malah jadi mulai dari awal). Sementara pembina upacara adalah Pak Iip yang menjabat sebagai wakil dekan bidang kemahasiswaan. Aku jadi salah satu ajudannya lho. Hehe, gak penting. Tiiiiiiiiiiittttttt… (low batt)

Sayang sekali, waktuku terbatas. Jadi gak bisa cerita lebih banyak lagi. Sebenernya banyak banget cerita-cerita menarik yang sayang kalo dilewatkan. Tapi aku harus segera istirahat. Di rumah udah sepi, pada tidur semua.  Aku harus tidur yang nyenyak. Besok pascal hari ke-2. Perlu persiapan agar lebih baik dari hari pertama. Oiya, besok aku mau KRS-an! Belum ngisi formulir dan minta tanda tangan DPA alias dosen pembimbing akademik. Jadi inget, hari Selasa lalu ketemu mas-mas yang KKN di kampungku juga lagi KRSan. hehe, berita gak penting lagi. Jadwal pascal besok juga ada pengisian KRS para mahasiswa baru, pada pukul 10.00 WIB. Kampus mipa rame banget kalo udah mepet batas terakhir pengisian KRS, yaitu tanggal 22 Agustus besok.

4 thoughts on “Diary Pascal 2008: Hari ke-1

  1. Waah…mas Ali masih suka ikut main GVT-GVTan yaah……semoga sukses!!! Webnya bagus!!! Btw, under construction tu nama blognya, apa blognya sedang dalam konstruksi? Wiku

  2. hhe..gvt emang gak ada duanya.
    tapi ospek emang bukan gvt. gak usah dibanding2kan.
    under construction itu,,, nama blog sekaligus emang lagi dalam konstruksi. maksudnya, blog ini dibangun secara terus menerus, tak akan pernah selesai.
    always under construction.
    hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s