Diary Pascal 2008: Hari ke-4 (bag 2-habis)

Lalu, dibacakanlah usulan final setiap kelompok oleh masing-masing perwakilan. Setiap kelompok memiliki 1-2 usulan pokok. Kelompok A mengusulkan untuk membuatkan rumah singgah, dan mengajarkan pendidikan informal bagi anak-anak jalanan itu. Pokoknya anak-anak jalanan dibuat betah di rumah, sekaligus diberi pendidikan berupa baca-tulis maupun ketrampilan-ketrampilan lain oleh sukarelawan dari mahasiswa baru.

Sedangkan usulan dari kelompok B adalah memberikan mereka sumbangan berupa uang. Uang itu dikumpulkan oleh setiap mahasiswa baru fmipa ugm 2008, sebanyak 100 rupiah setiap harinya. Andaikan jumlah maba itu 800 orang, maka tiap harinya akan terkumpul uang sebanyak 80.000 rupiah. Dan dalam sebulan terkumpul Rp 2.400.000,00. Uang segitu cukuplah untuk membiayai sekolah para anak jalanan.

Sedangkan usulan dari kelompok C, yaitu berbagi kegembiraan dengan mereka secara langsung. Misalnya dengan makan-makan. Selain itu, juga memberikan uang segar untuk membiayai hidup mereka. Uang itu diperoleh dari para donatur yang dicarikan oleh para maba. Eh, aku kurang hafal dengan usulan kelompok C. Jadi kalo ada yang salah mohon diralat. Hehe.

Usulan dari kelompok D, yaitu melakukan pendekatan heart-to-heart kepada anak-anak jalanan itu. Usaha tersebut berupa motivasi untuk memberikan keyakinan pada anak-anak jalanan bahwa masa depan mereka bisa menjadi lebih baik asalkan ada usaha positif ke arah itu. Mereka didorong untuk memiliki cita-cita setinggi-tingginya dan berusaha untuk meraihnya.

Masing-masing usulan tersebut kemudian didiskusikan, mana yang terbaik dan yang paling realistis. Tampaknya masing-masing kelompok tidak mau kalah, sehingga dilakukan perundingan oleh keempat orang perwakilan. Kemudian diambillah keputusan bersama, bahwa tidak ada yang dipilih ataupun dihapus. Semua usulan digabung menjadi satu. Jadi, langkah-langkah yang dilakukan oleh para peserta pascal kepada para anak-anak jalanan adalah: Pertama, mereka didekati secara halus, lalu diberikan motivasi hidup. Setelah mereka percaya kepada para maba, maka langkah selanjutnya adalah menyekolahkan mereka ke sekolah negri. Biayanya dari uang yang terkumpul dari seluruh mahasiswa mipa 2008 dan dari sumbangan donatur. Dari uang yang terkumpul, sebagian ditabung untuk nantinya menyewa tempat kos atau rumah singgah. Selain itu, diberikan juga ketrampilan lain sesuai dengan kemampuan mereka. Hmmm, oke juga yah?

Tetapi kemudian masalah yang paling utama dihadapkan kepada para maba. Mereka ditanyai, sebenarnya apa tujuan utama mereka ada di kampus ini? Bukankah untuk belajar? Nantinya setelah masuk kuliah, akan disibukkan dengan belajar, berorganisasi, masalah kost, makan, dan lain sebagainya. Akankah masih ingat dan sempat untuk mengurusi proyek-proyek itu? Meski terlihat realistis, tetapi hal itu terasa masih terlalu muluk-muluk jika dilakukan oleh para maba. Akhirnya seluruh peserta pascal 2008 diminta konsistensinya. Mereka harus bertanggung jawab dengan apa yang mereka katakan.

Setelah diskusi ditutup, para peserta moving ke A1.07 untuk mengikuti sesi selanjutnya yaitu mendengarkan ceramah bertema “Sudahkah Indonesia Merdeka.” Yang mengisi adalah Pak Eko Prasetyo. Tak hanya kocak habis, tetapi juga menggugah. Beliau memaparkan fakta-fakta yang menggelitik sekaligus kritikan-kritikan kepada pemerintah. Pokoknya kalo ada seminar yang diisi oleh Pak Eko, wajib ikut. Haha. Yeah..

Setelah acara selesai, waktunya kembali ke camp masing-masing untuk persiapan sholat dhuhur. Setelah sholat, dilanjutkan makan-makan. Pada kesempatan itulah, waktunya untuk kado silang. Salah satu di antara anggota kompi salah pengertian, sehingga telah mengumpulkan kadonya pada waktu penyerahan bingkisan kepada para anak-anak jalanan. Yah, gak papalah, buat tambah-tambah. Lalu, kado silang dimulai dengan cara diundi. Tiap kado diberi nomer, dan masing-masing anggota mengambil satu nomer undian. Lalu, dibukalah semua kado. Yang paling membuatku gak bisa nahan tertawa adalah, salah satu anggota kompiku mendapatkan sebuah buku mewarnai dan satu pak pensil warna. Wakakakakak, ternyata si pemilik kado juga salah paham. Dikiranya kado itu untuk disumbangkan ke anak-anak jalanan. Aku sendiri dapet 2 buah sabun mandi dan satu sachet hair gel.

Nah, setelah waktu ashar tiba dan sholat selesai ditunaikan, waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu waktunya nonton bareng. PASCAL IN MEMORIAL. Sebelum dimulai, seorang peserta (putri) diberikan kenang-kenangan oleh ABRI karena telah memberikan kejutan di pagi hari. Haha, gak penting, tapi konyol juga.

Lalu, diputarlah tayangan-tayangan rekaman video selama pascal. Meski hanya sedikit yang ditampilkan, tetapi ada yang lucu (lugu dan culun – kata temenku). Seorang mahasiswi melakukan aksi anti ngantuk, yaitu dengan senam wajah. Wah, kalo aku ingat-ingat lagi, bikin pengen ketawa. Hihi. Sabar ya, kamu malah jadi terkenal to? Hehe. Siapa ya namanya?

Selesai nonton, kembalilah para peserta ke camp masing-masing untuk persiapan penutupan. Upacara penutupan diisi oleh presiden NKRI, Aza El Munadiyan, dan ketua BEM, Mas Aji Yusodianto yang pada tahun lalu menjadi ketua pascal 2007. Lalu ditutup dengan doa bersama. Upacara selesai tepat ketika adzan maghrib berkumandang. Yeah, waktunya untuk foto-foto! Ada yang formasinya berantakan, tetapi ada juga yang rapi berjajar seperti habis wisuda. Beberapa orang minta difoto dengan menunjukkan sertifikat pascal 2008. Wuih, bangganya.,.,., kayak udah wisuda aja. Ingat, jaga baik-baik sertifikat itu, karena menjadi syarat yudisium alias kelulusan beberapa tahun ke depan. Yeah. Selesai sudah rangkaian PASCAL FMIPA UGM 2008. Semoga tahun depan masih ada pascal lagi, dan berjalan dengan lebih baik. Karena, sadar atau tidak, kegiatan ini memberikan bekal awal para mahasiswa baru dalam memasuki perkuliahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s