jam dinding pun tertawa

Aku punya jam dinding. Udah berumur beberapa tahun. Dari dulu sih biasa2 aja. Normal sebagaimana mestinya. Namun kemudian timbul keanehan sekitar sebulan yang lalu. Ketika itu tiba-tiba jarumnya berhenti. Ternyata jarum detikan nyangkut di jarum menit. Terpaksa aku lepas batrenya, buka sekrupnya, kaca penutupnya, semua jarumnya, dan akhirnya kupasang lagi seperti semula.

Lalu, apakah yang terjadi??? Ya jalan, seperti semula. hehe.
Tetapi, sehari kemudian.. Apa yang terjadi??

Jamnya lebih cepat 20 menit alias ‘mblandhang‘ (jawa).

Weks, kok aneh.. Trus kuputar lagi ke waktu yang benar. Tetapi sehari kemudian mblandhang lagi! Kok bisa ya.. Beberapa hari jamnya tak biarin mblandhang. Makin lama makin banyak waktu lebihnya. Jangan-jangan, dicepetin sama jin kali ya?? Tetapi setelah kuteliti lebih mendalam dengan memperhatikan segala aspek yang saling berkaitan (halah), akhirnya fenomena aneh itu terungkap.

Ternyata, setiap satu jam, jam itu mblandhang 1/2 – 1 menit. Itu artinya, dalam sehari (24 jam) jamnya jadi lebih cepat 12-24 menit. Dan setelah kuamati selama beberapa menit, fenomena itu jadi lebih jelas. Yeah!

Setiap 2 menit (kadang 1 menit) si jarum detik melakukan aksi lompat jauh. Sejauh 12 derajat atau sejauh 2 detik dalam waktu 1 detik. Artinya, satu menitnya hanya 59 detik. Nah,jadi jelas kenapa jamnya makin lama kok makin banyak lebihnya. Soyo suwe soyo mblandhang.

Akibatnya, aku sering dikibulin,meski berguna😀 Kemarin waktu hari ke-3 ospek, paginya aku terbangun (wake up). Lihat jam. Tidak!! Udah jam 6 kurang! Ahk! Aku langsung bangun (get up). Telat BANGET! Padahal kumpul panitia seharusnya jam 5.15 (deg2an). Lalu kuraih hapeku. Kuliat jam di situ. Huff..ternyata baru jam 04.11. Betapa.. Andaikan jam itu bisa tertawa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s