Mahasiswa UGM Diculik!

Sabtu siang, 30 Agustus 2008 pukul 13.15 WIB, di sebuah musholla yang tenang dan damai.

Temenku baru saja ditelepon ayahnya. Entah ngomong masalah apa. Tapi sempat ngasih tau kalo ada anak UGM yang diculik. Hah! Yang anak UGM sendiri malah belom tau. Aku pun jadi penasaran. Aku harus memastikan kebenaran berita itu. Maka insting detektifku pun muncul. Yang pertama kuhubungi adalah Mr. G (keliatan banget). Seteleh kutelusuri selama bermenit-menit, akhirnya terungkaplah siapa jati dirinya. Apakah tokoh fiktif atau nyata.

Kronologis Penculikan

Pada Selasa lalu (26/8/08) Ayah Jejen mendapat SMS dari Jejen. Isinya mengabarkan bahwa sekitar pukul 11.00 WIB, ketika dirinya sedang berangkat kuliah melewati jalan Malioboro, dipanggil oleh 3 orang laki-laki tak dikenal yang dikira temannya. Lalu dia pun mendekat. Tapi tiba-tiba dia langsung dimasukkan dalam mobil Isuzu Panther yang didalamnya sudah menunggu 4 laki-laki yang juga tidak dikenalnya. Selanjutnya korban dibawa pergi.

Pada hari rabu (27/8/08) ayah Jejen kembali mendapatkan pesan singkat lewat SMS dari Jejen yang isinya korban dinaikkan ke sebuah kapal bersama 50-60 orang lainnya, dan dibawa ke Surabaya. Mereka dipaksa menjadi pekerja dan dikirim ke Australia. (sumber: tempo & suara merdeka)

Siapa Jejen?

Dia adalah temenku (temennya temenku dink. berarti kan temenku juga. hehe). Nama lengkapnya adalah Jejen Suwandi. Lahir di Karawang, 11 Maret 1989. Alamatnya di Babakan Kukun, desa Panyingkiran, kec. Rawamerta, kab. Karawang, Jawa Barat. Riwayat pendidikan: SDN Panyingkiran 2, MTsN Rawamerta, SMA Al Muhajirin, dan ponpes Al Muhajirin yang beralamat di jalan Veteran nomor 155 Purwakarta, Jawa Barat. Masuk pesantren pesantren tersebut tahun 2004 karena tuntutan orang tua (Pak Ending dan Bu Nuraeni). Dan setelah lulus tahun 2007, kuliah di Akuntansi FE UGM hingga sekarang, dengan tunjangan program beasiswa santri berprestasi dari Depag. Di Jogja, dia tinggal di jl. Gamelan Lor nomor 6, Suryoputran, Yk.

Tampaknya tidak ada yang karakter khusus dari dirinya sehingga menarik perhatian penculik. Seperti mahasiswa pada umumnya, dia hobi sejarah dan sosial. Dia juga suka baca novel dan komik. Selain itu juga suka nonton film kartun seperti naruto, dragon ball, LOTR, dll. Dia juga suka nasyid dan lagu pop.

Dia juga minat sama yang namanya dunia maya. Namanya juga mahasiswa, kudu punya email. Emailnya: zentaima[at]yahoo.co.id. Rupanya friendster juga gak luput: lihat di sini. Dia juga minat sama blogging, meskipun gak pernah diurus. Yang pertama: lihat di sini (dibuat Desember 2007) dan kedua: lihat di sini (dibuat Januari 2008). Baru sebulan kok punya 2. Lupa password ya?

Wah, tentang masalah ini, aku gak bisa berbuat apa-apa. Cuma bisa berdoa agar Jejen tidak mendapat nasib yang buruk. Dan untuk bapak-ibunya (juga saudara-saudaranya) Jejen, harap bersabar. Semua ini cobaan dari Yang Kuasa. Anak adalah titipan. Dan barang titipan bisa diambil kapan saja. Semoga nantinya kembali dengan selamat tanpa kurang suatu apapun. Amiin. Dan sekiranya Jejen kembali nanti, aku harap dia sempat membaca tulisan ini. Jen, kamu jadi terkenal. Meski kita tak saling kenal.

Dan untuk teman-temannya (teman sekolah, teman kuliah, teman ponpes, teman sekampung), pasti kalian juga mendoakan kebaikan untuknya. Pesan untuk kalian: jangan mudah percaya sama orang yang tak dikenal. Tapi tetap jaga 5S: senyum, sapa, salam, sopan, santun. Kayak nasehatin anak kecil aja. Hehe.

Dan terakhir, untuk UGM, jangan diam saja! Salah satu bibit terbaik UGM sedang didzalimi. Apakah Anda sekalian, Pak Rektor, Pak Dekan FE (juga Pak Prof. Dr. Marwan Asri selaku calon dekan FE), dan seluruh staf UGM yang berkewajiban, hanya diam saja? Saya harap tidak.

26 thoughts on “Mahasiswa UGM Diculik!

  1. Assalamu’alaikum.
    makasih atas infonya. saya temen sekampus jejen. memang udah denger berita ini tp masih simpang siur gmana kronologisnya. saya juga turut mendoakan jejen…
    sesungguhnya hanya orang2 terpilihlah yang diberi cobaan berat oleh Allah SWT. semoga Jejen bisa bersabar di sana.

    Mari bergerak!
    Mari bantu teman kita

  2. Innalillahi… ada fotonya kah? bisa kita sebarin ke dunia maya lewat postingan para blogger, siapa tahu ada di antara blogger/pembaca yang ngeliat jejen itu.

    berarti sudah semester III ya sekarang seharusnya? wah… apalagi kalo MaBa tuh…

  3. zhue berkata:

    wah kok bisa ya. bleh usul mahasiswa skarang juga di kasih mteri dasr bela diri dong kasihan kan lok ga bs jaga diri pling tidak bisa nendang atau mukul atau nalolosin dari dekapan penculik gto

  4. BiTBiT berkata:

    Yaa ampun….ak sekampus…dia 2007 ya???ak baru tau lo…culun bgd si ak,,,ataghfirullah,,mg2 keluarganya diberi ketabahan, ak doain mg2 jejen cepet ktmu, amin…jdi takut jalan sndiri di malbor..hiii

  5. Dottsi berkata:

    UGMer jg neh,turut prihatin.. Tp itu kq jejen-ny masi smpet sms y?? Knapa dy g lgsg minta tolong k 911 aj skalian???

  6. css mora ugm berkata:

    kabarnya dah lepas dari pnculiknya… benar gak sih???
    mudah-mudahan jejen cepat datang ke Jogja
    anak-anak DPG pada kangen nih ntar cerita ke kita ya…

  7. dueyweywey berkata:

    ini ali toh?
    wah,blogmu lgsg muncul d searchengine lho,we e e..
    iya,wah,aku malah super parah ni..
    jejen tu tmen skelasku pas smstr 1.kalo pd gtw,mukanya jejen tu mirip agung(?)..dan parahnya,aku lagi ngerti klo dy diculik,kemaren!hadu,teman macam apa ini..
    wah,ga nyangka bgt,kaget aku..trnyt hal kyk gt ada juga to?tak kr cm d sinetr0n thok..
    ya Allah,sm0ga d bln pnuh barokah ini,jejen pun jg dpt barokah..mg2 cpt ktmu,amiin

  8. Weleh … kok belum masuk TV beritanya, ini kasusnya sudah bukan cuma culik-menculik, sudah human trafficking (baca: perbudakan), tidak disangka cari korbannya di jogja nggak cuma dipedalaman.

  9. Rektor UGM uda bertindak kok.Itu yang aku denger.
    Padahal dari penampilannya Jejen tu polos,alim,lugu and ga neko-neko.
    Pasti bukan motif minta tebusan, sebab stylenya bukan kaya anak ekonomi kebanyakan .Hehehe…Aku dewe anak ekonomi juga.
    Yang aku khawatirin justru karena alim itu, takutnya malah diculik untuk didoktrin ajaran agama yang engga2. Aku khawatir salah tafsir atau sengaja untuk tujuan tertentu suatu aliran justru cenderung menjauh dari syariah beragamanya.
    Moga2 kekhatiranku itu tidak trjadi meskipun cukup beralasan…

  10. nyung berkata:

    wah, ada2 aja hal2 yang aneh2 terjadi saat ini….

    serem abisss… kl baca dr britanya sih, udh bkn cm kasus penculikan tuh namanya, udh masuk human trafficking tuh….

    smoga, korban dalam keadaan baik2 saja dan dpt sgra ditemukan…. buat keluarga dan kerabatnya, smoga bisa tabah dan sabar menghadapi ini smua… amiiiin…

    buat yang laen,,, inget tuh pesan Bang Napi: WASPADALAH….. WASPADALAH……!!!!!!!!!

  11. shofie berkata:

    kabarnya lagi dia sekarang udah ada gak d p.jawa,,,
    tapi ini lom TENTU BENER LOH,,,,
    AKU CUMA KATANYA,,,

    AH,,,dimanapun dia berada,,aku yakin ada Allah bersamanya,,,

    fotonya liat adja d fs,,

    temn2 lain tolong bantu yah,,paling gak bantu doa,,,

    terimakasih.

  12. tata berkata:

    Astagfirullah…
    parahhhhh bgt..
    kirain ga beneran..

    huffff, parah abisss…
    masi jamn apa culik2an ga jlas gt??!!
    penculiknya tega bangett..ga bayangin apa dia kalo anaknya yg diculik gt trus gmana??!!astaghfirullah…astaghfirullah…

    moga2 jejen selalu dalam lindungan Alloh SWT..
    Amiiin…

    aku pengen nangis…=(

  13. naruto berkata:

    suatu berita yang heboh sekaligus mengherankan. beberapa waktu yang lalu isu penculikan anak buming lakok sekarang penculikan mahasiswa mau buming juga. apa dunia kita sekarang uda mulai linglung atau pikun?.
    mendengar berita ini saya si biasa-biasa aja. lawong teman saya jejen itu uda gede. mahasiswa lagi. masak diculik. apa utungnya lagi. dari segi wajah si ganteng, ceria mana ada orang tega nyulik anak selangkah itu.
    mungkin ini suatu bentuk pemberontakan jejen kepadaaaaa keluarga supaya diperhatikan atau disayang. pihak orang tua sendiri seharusnya mengoreksid dan menyelami apakah selama ini sikap dan perhatian mereka pada jejen baik tau buru. bisa jadi jejen memberontak ingin supaya diperhatikan. saya cuma berharap jejen semoga cepat sadar dan kembali ke comunitas kita CSS

  14. aLpiZ berkata:

    Kabar baru..

    Katanya..dia udah ditemuin..
    Dan sekarang dia udah dibawa pulang kerumahnya..

    Syukur Alhamdulilah..
    temen sekelasku semster 1 kmrn moga cepet balik ke kampus..

    We wait 4 u..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s