Sabtu Tersibuk

Sabtu pagi seharusnya jadi hari paling pribadi dalam agendaku. Mau nyuci baju yang udah direndam seharian, ganti oli motor yang udah 3 bulan lebih belum ganti, bersihin karburator, ganti lampu depan motor kakakku yang mati, dsb. Tapi Sabtu kemarin jadi Sabtu yang sangat sibuk. Jum’at malam (pukul 22.32 – aku dah tepar, capek habis dari Gelanggang Expo ’08, daftar UKM pingpong) dapet sms undangan untuk dateng acara Sabtu siang di kampus. Langsung aku bales kalo aku gak bisa. Soalnya paginya ada agenda wajib geofis 07: survei; dan biasanya pulang sore. Padahal kalo gak ada acara lain pengen ikut ke kampus sih.

Sabtu pagi. Pukul 07.00 seharusnya udah kumpul untuk berangkat survei. Tapi tak disangka, pas mau berangkat baru tau kalo ban motorku bocor. Yah,, nasib.. Akhirnya minta dianter ibu sampe setengah jalan ke tempat kumpul buat yang mo survei. Setelah itu minta dijemput sama tebenganku. Hehe. Baru jam 8 lebih, survei berangkat. Di tengah jalan (pukul 9), lagi-lagi dapet sms diminta dateng ke acara yang sama. Tak biarin aja ah.

Nyampe di tempat surve, aku sama 4 orang temenku nyari jalur buat outbound. Yah, singkat cerita, jam 11 udah selese. Jam 11.30 mbakar ubi jam 12. Niatnya sih kalo ada barengan, pengen segera ke kampus, menuhin undangan. Sayangnya gak kesampean. Temen2 masih pada belum selesai urusannya. Abis itu bongkar tenda, trus sholat, evaluasi, dan akhirnya pulang. Karena aku gak bawa motor, akhirnya temenku tak minta anter ke tempat aku dijemput temenku sebelumnya. Tapi kemudian insiden terjadi.

Temenku yang mboncengin, kakinya terlindas ban mobil sewaktu di perhentian lampu merah. Wadooww!! Ampe sepatunya lepas! Sopir sedan edan! Gak sabaran! Tau ada motor di depannya kok asal trobos aja. Akhirnya aku bawa ke rumah buat diobatin. Dia pengen dipijat aja. Kebetulan tetanggaku ada yang tukang pijat urat, maka langsung aja cabut ke sana setelah sholat ashar. Habis pijat, dia minta pamit. Belum nyampe pintu depan, bel rumah bunyi.

Dapet undangan buat kenduri di tempat tetangga, sekaligus malemnya diminta dateng ke acara tahlilan. Jawaban yang pasti terucap: “Nggih, Mas!” Maka, jam 17.15 langsung cabut ke tempat kenduri. Pulang dari kenduri udah adzan maghrib. Habis sholat lalu makan malam. Tak lama berselang, adzan isya. Langsung cabut ke masjid deh. Habis isya, pukul 19.30 siap2 dateng ke tahlilan. Sebenernya aku paling males dateng ke acara ginian. Tapi ya mau gimana lagi. Udah jadi adat orang sini kalo ada yang meninggal biasanya ngadain peringatan 3 hari, 7 hari, 100 hari, 2 tahun, 1000 hari, dst. Para pemuda yang nyiap-nyiapin konsumsi gitu. Kalo tahlilan pada rajin, Bisa dipastikan 96% orang tetangga dateng. Tapi kalo ke mesjid, bisa dipastikan orangnya cuma itu-itu aja.

Pukul 22.00 selesai sudah. Semua piring sudah dicuci bersih. Tapi tiba-tiba dateng rombongan kedua. Jumlahnya kira-kira 50 orang. Ke sini naik 1 truk. Dari Berbah katanya. Ternyata juga mau tahlilan. Emang beda sih sama doan-doa yang dibaca orang sini. Ada ritmenya juga. Dan agak enak didengar, meski kurang jelas artinya. Logistik harus tetap jalan. Sayangnya yang di dapur cuma dua orang! Salah satunya aku! Beuh! Ngelap lusinan gelas, sendok, nyiapin makanan.. Capek dah.

Pukul 23.30 istirahat bentar, liat-liat foto dokumentasi acara 17an kemaren. Hihi, foto-foto hasil jepretanku terpampang di kampung (meski aku gak keliatan -.-“). Nah, pas itu ketemu sama ketua pemuda. Disuruh nyetak foto-foto dokumentasi lomba anak-anak. Meski sebenarnya itu dokumentasi pribadi. Tapi tak apalah. Berarti besok Ahad (pagi ini), aku harus ngapain aja???
– pilih-pilih foto, trus dicetak
– padahal ban motorku bocor
– dan lampu depannya mati
– sementara motor yang satunya gak mau jalan, 2 bulan gak dipake
– padahal cucian udah direndam 2 hari
– dan pagi jam 9 ada undangan di kampus

Piye ki?? Mbingungi…

One thought on “Sabtu Tersibuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s