Geologi Struktur

Kekar (Joint)

Kekar adalah suatu retakan pada batuan yang tidak/belum mengalami pergerakan.

Kekar dapat menjadi tempat tersimpannya sumber mineral industri tertentu, atau sebagai jalan bagi aliran air tanah.

Kekar dapat terbentuk sebagai:

  1. Kekar pengkerutan, disebabkan oleh gaya pengkerutan yang timbul karena pendinginan atau pengeringan, biasanya berbentuk poligonal yang memanjang.
  2. Kekar lembaran, sekumpulan kekar yang sejajar dengan permukaan tanah, terutama pada batuan beku. Terbentuk karena hilangnya beban di atasnya.
  3. Kekar tektonik, terbentuk karena proses tektonik, atau gaya-gaya akibat pergerakan permukaan bumi.

a. Berdasar genesanya

1.      Kekar gerus:     kekar yang terbentuk oleh gaya kompresi. Biasanya berpasangan, pada breksi memotong fragmen, bidang kekar lurus dan rata. Batuan akan menjadi terkoyak atau menjadi rapuh.

2.      Kekar tarik :     terbentuk oleh gaya tarik. Biasanya tidak berpasangan, tiak memotong fragmen pada breksi, bidang kekar biasanya tidak lurus dan tidak rata. Batuan menjadi terbuka

b. Kedudukan terhadap bidang lain

1.      Dip joint

Jurusnya relatif sejajar dengan arah kemiringan lapisan batuan

2.      Strike joint

Jurusnya sejajar dengan arah kemiringan lapisan batuan

3.      Bedding joint

Bidangnya sejajar dengan bidang perlapisan batuan di sekitarnya

4.      Diagonal joint

Jurusnya memotong miring bidang perlapisan batuan sekitarnya

Sesar/Patahan (Fault)

 

Adalah kekar/retakan batuan yang telah mengalami perpindahan atau pergeseran.

Beberapa bukti adanya sesar adalah:

– cermin sesar dan gores garis

– pergeseran bidang pelapisan batuan, urat, dsb.

– zona hancuran atau breksiasi

– perulangan lapisan yang sama

– hilangnya lapisan yang seharusnya ada (disebut hiatus)

– bukti-bukti fisiografi, misalnya kelurusan sungai, gawir sesar, dsb.

Macam-macam sesar

1. Berdasar gerak hanging wall terhadap foot wall

a.       Sesar turun/normal = cirinya adalah adanya pemanjangan, ada lapisan hilang

b.      Sesar naik = cirinya adanya pemendekan, ada lapisan yang menumpuk

2. Berdasar ada tidaknya gerakan rotasi

a.       Sesar translasi

Masing-masing blok tidak ada gerak rotasi. Garis yang sejajar dengan blok lain tetap sejajar.

b.      Sesar rotasi

Terdapat gerak rotasi antara blok yang satu dengan yang lainnya. Ada titik yang tidak mengalami pergeseran.

3. Berdasarkan rake net slip

a.       Strike slip fault : Arah gerakan sejajar bidang sesar

b.      Dip slip fault : Arah gerakan teka lurus bidang sesar

c.       Diagonal fault

Pergerakan Sesar

1. Stick slip (tidak kontinyu)

Sesar yang bergerak secara tiba-tiba dengan menyimpan energi besar seperti ini menyebabkan terjadinya gempa bumi.

2. Stable sliding (kontinyu)

Disebabkan oleh adanya fluida yang menyebabkan gerakan terus berlangsung.

Lipatan (Fold)

Adalah permukaan pada batuan, baik dalam batuan sedimen maupun batuan metamorf. Bila penekukan membentuk busur, dinamakan antiklin. Jika berbentuk palung disebut sinklin.

Ketidakselarasan

Adalah suatu bidang erosi yang memisahkan batuan yang lebih muda dari lapisan lain yang telah terbentuk sebelumnya.

Proses terbentuknya adalah:

1.      Pembentukan batuan tua

2.      Adanya erosi dan pengangkatan

3.      Pengendapan batuan yang lebih muda

Macam-macam ketidakselarasan

1. Angular uncomformity

Ketidakselarasan yang terbentuk akibat adanya sudut antara lapisan yang tua dengan lapisan yang lebih muda.

2. Discomformity

Adanya lapisan yang hilang antara lapisan yang tua dengan lapisan yang lebih muda. Sehingga umur kedua lapisan memiliki selisih yang sangat jauh.

3. Noncomformity

Adanya batuan kristalin (beku/metamorf) yang berbatasan langsung dengan batuan sedimen.

Sumber:

http://www.ums.edu.my/sst/geo/Kekar.htm

http://www.ums.edu.my/sst/geo/Mekaniksesar.htm

http://id.wikipedia.org/wiki/Geologi_struktur

20 thoughts on “Geologi Struktur

  1. jamie andreas berkata:

    .dah bagus kx,q jadi tau bedane macam2kekar buat belajar to olimpiade….thx u..slm knal..q dri solo,jateng

  2. Bagus bnget ya…klu gitu bagi2 dong ilmunya..!
    aq lg butuh banget paper temtang :
    1. Unsur2 struktur geologi, tapi secara Geometri
    2. cara membaca & menggambar simbol unsur2 struktur geologi
    3. proyeksi unsur2 struktur geologi
    4. kliping ttg struktur geologi
    5. tentang analisa kekar
    jadi terlebih ucapkan trima kasih dulu ya…

  3. rahmat Hidayat berkata:

    Halo mas,
    saya rahmat. saya anak teknik pertambangan Universitas Sriwijya,

    Sekarang saya ada di semester 4, dan sekarang lagi mempelajari tentang struktur geologi,

    bolehkah saya minta bahan tentang geologi struktur khususnya tentang liptan..
    terima ksaih

  4. ali maskur berkata:

    tulisannya dah bgus.
    tapi bener kata orang bahwa terkadang ada penjelasan yang harus pake gambar,
    jadi lebih bagus lagi ada gambarnya,
    thank’s

  5. akon berkata:

    udah cukup bagus, tapi masih terlalu basic
    kalo bisa lebih di perjelas lagi soalnya bahan yang mas posting udah ada di geologi dasar…

    tolong kasih penjelasan yang lebih komplit lagi ya mas

    secara keseluruhan udah bagus mas, LANJUTKAN!!!!hehehe

    thax

  6. fuji berkata:

    BOz,,, Kromkan fuji Gambar2 / foto tentang artikel d,atas koz penting nie tuk nyari tugas,,, bisa kirim lwat email.. makasih… mohon bantuannya iayaaaa…..

  7. maizar berkata:

    bgus tuh pnjelasan d atas,, tpi klu bsa tmpilkan gmbar..
    oya aq mw nnya tntang kristal mineral..
    klu ada jabarannya, ntr tlong krim email ja okey..
    tanks

  8. UNTUNG TRIONO berkata:

    bagus … terusin nulisnya.nyang ginian nih maseh langka buanget..n ilmu geologi makin ngetrend lhoh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s