Membunuh Koneksi Internet yang Tak Diinginkan

Jawaban ke baiu_anggara[at]yahoo.co.id (https://alifahmi.wordpress.com/2008/07/19/gprs-axis-aneh/#comment-389)

Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

Maaf baru bales,, karena kemaren2 lagi gak buka blog..

Kalo koneksi jalan walaupun sedang tidak ada aktivitas, ada banyak kemungkinan. Lakukan langkah-langkah berikut ini dengan seksama. Beberapa di antaranya adalah:

1. System windows.

Pertama, dan yang paling sering adalah automatic updates. Lihat di sytem properties (klik tombol windows + pause/break), pilih tab automatic updates, lalu hilangkan centangnya. Kedua, time synchronization. Dobel klik jam di pojok kanan bawah layar. Lalu di tab Internet Time, hilangkan centang di automatically sync…

2. Aplikasi yang jalan di background.

Beberapa yang mungkin melakukan koneksi adalah antivirus, dan aplikasi-aplikasi tambahan untuk mempercantik desktop. Biasanya aplikasi ini melakukan automatic update. Caranya tinggal nonaktifkan saja autoupdatenya. Hampir setiap antivirus, settingan defaultnya melakukan update otomatis jika terhubung ke internet. Pokoknya bunuh semua hal yang berbau update + internet. Hoho… Aplikasi tambahan juga begitu. Contohnya google desktop yang pake bermacam-macam widget.

Bisa juga aktivitas virus/trojan downloader yang sudah menginfeksi. Kalau yang satu ini, tinggal cari cara untuk menyembuhkan komputernya.

3. Aplikasi yang sedang berjalan / running.

Dalam kasus ini, yang mas gunakan adalah browser dan YM.

Untuk browser, kalo anda pake firefox, buka menu tools > options > advanced > update. Hilangkan semua centang di bawah ‘automatically check for updates to:’.

Satu lagi, masih di advanced, buka tab general, centang ‘Warn me when web sites try to redirect or reload the page’.

Kalo pake IE, buka Tools > internet options > advanced. Hilangkan centang di ‘automatically check for internet explorer updates’.

Untuk YM, walaupun lagi gak ngapa-ngapain, koneksi PASTI jalan. Sent maupun received datanya pasti jalan. Hal ini karena ym slalu meng-update contactlist kita yang online dan offline. Apalagi jika teman kita menggunakan display image, maka data yang diterima semakin banyak. Selain itu, di preferences, matikan segala macam update berita, cuaca, dll. (mungkin anda gak butuh – maaf gak ngasih detilnya soalnya lagi nggak YMan). Kalau anda bener-bener pengen irit, matikan juga ‘send typing notification’, biar teman anda nggak tau kalo anda lagi ngetik pas chatting. Kalo yang ini sesuai selera kok. Hehe.

MS office juga bisa melakukan koneksi internet lho. Tapi karena anda nggak tanya, maka aku nggak jawab. Hehe.

Secara umum, 3 hal itu yang bikin koneksi tetap jalan walaupun komputer tidak dipakai. Apakah langkah-langkah itu tadi terlalu ribet? Atau mungkin masih bingung mencari settingan aplikasi untuk menonaktifkan update otomatisnya?

Ada cara praktis untuk mengatasinya.

Langkah ini aku taruh di belakang biar anda tahu dulu mengapa koneksi tetep jalan. Nah, kalau langkah-langkah tadi masih belum berhasil menghentikan koneksi yang tak diinginkan, maka berikut ini adalah cara paling mudah.

Download dan install ZoneAlarm Pro. Tentu saja + keygen/serialnya. Kalo mau beli malah disarankan. Hehe. Yang aku pake adalah versi 7.0.302.000. Pas install, klik aja OK smua option2nya. Terutama automatic setting. Langkah selanjutnya, buka menu ‘program control’, lalu klik tab ‘programs’. Di situ ada daftar aplikasi anda. Nah, kalau ingin mematikan koneksinya ke internet. Tanda tanya berwarna biru berarti setiap aplikasi itu akan melakukan koneksi, maka akan muncul pop-up notifikasi pada pojok kanan bawah, anda bisa memberi akses dengan memilih ‘allow’, atau tidak mengizinkannya dengan memilih ‘deny’. Jika anda benar-benar ingin memblok akses untuk selamanya, silakan diklik tanda tanya di bawah kolom Access > trusted, lalu ganti dengan ‘block’. Maka semua akses akan diblok. Jika anda memberikan akses ke internet tanpa notifikasi, cukup ganti dengan ‘allow’. Untuk mengembalikan ke posisi semula dengan seragam, klik pada bawah kolom Server > Internet.

Nah, jika firefox sedang dipakai untuk membaca halaman yang sudah terbuka, cukup pilih menu File > Work Offline. Jika ingin konek lagi, hilangkan centangnya. Jika kurang mantap, blok akses dari ZoneAlarm.

Untuk YM, jika diblok akses dengan ZoneAlarm, salah-salah malah koneksi gak jalan. Untuk itu, cukup matikan saja fitur-fitur yang menurut anda kurang berguna di YM. Kalau hanya butuh chat dengan murah meriah tanpa iklan, bisa gunakan gaim atau pidgin.

Perlu diingat, jangan lupa nonaktifkan windows update.

Oiya, kalau anda suka pake screen saver windows xp (file asli: logon.scr), maka screen saver tsb akan melakukan koneksi ke internet. Kalau gak percaya silakan dicoba. Untuk mengatasinya, di ZoneAlarm pada menu programs, cari Logon Screen Saver, pada access/trusted, pilih block, sehingga semua koneksi akan diblok.

Demikian jawaban atas pertanyaan anda.. Silakan dicoba dan dipraktikkan. Semua itu hanya berdasar pengalamanku. Jadi, jika ternyata masih belum memberikan penyelesaian, mohon dimaafkan. Semakin sering anda menghadapi masalah dan berusaha menghadapinya, maka anda akan semakin paham dan mampu mengatasi masalah-masalah yang lain. Syukur-syukur bisa membantu orang lain. Hahah, sok bijak. Tetapi itulah kenyataan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

5 thoughts on “Membunuh Koneksi Internet yang Tak Diinginkan

  1. suryopranoto berkata:

    owhh.. pantes windows kalo buat ngenet lemot ini tho penyebabnya, untung nggak sering pake windows. Repot ternyata mati’in koneksi di windows ya. Makasih mas, atas sering ilmunya.

  2. Rian berkata:

    Mantap artikelnya..
    Oya, saya mau tanya mas, bagaimana cara mematikan koneksi internet komputer lain, tanpa mengganggu kecepatan akses LAN nya.

    Saya coba pke software NETCUT, tapi kecepatan LAN nya kadang2 berkurang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s