PLAGIAT

11 April 2009 lalu aku nulis postingan cara untuk bypass faronics anti executable. Kutulis berdasar pengalaman pribadi di warnet beberapa hari sebelumnya. Karena gak sempat kuposting saat itu juga, kulanjutkan di rumah. Lalu kuposting di warnet di hari berikutnya. Maklum, waktu itu belum punya koneksi internet di rumah. Gambar screenshot firefoxnya pun terpaksa berbeda dengan keterangannya (berbahasa indonesia), padahal di rumah pake firefox bahasa inggris. Beberapa hari setelah postingan itu kutulis, hingga saat ini (5 Januari 2010), tulisanku selalu masuk ke 10 teratas hasil pencarian google dengan kata kunci “bypass faronics”. (muscle)B-)

Cuma ingin cerita aja. (scenic) Beberapa minggu ato beberapa bulan kemudian (lupa kapan tepatnya), aku googling dengan kata kunci tersebut, dan menemukan blog milik orang lain yang isinya sama persis dengan tulisanku. Linknya: http://nouval-inspirations.blogspot.com/2009/04/cara-mengakalibypasshacking-faronics.html. (sekarang udah pindah ke http://www.nouval-tricks.web.id/2009/04/cara-mengakalibypasshacking-faronics.html). Pertama kubaca, aku biasa aja. Sama persis dengan tulisanku. Mulai dari titik, koma, spasi, gambar, semuanya. Bahkan emote plurk (yahoo) juga gak diilangi (doh). Tapi kemudian, di akhir tulisan, (panic) aku menemukan satu baris tulisan yang diubah, yaitu tulisan “©alifahmi.wordpress.com” diganti menjadi “©http://nouval-inspirations.blogspot.com”. Hmmmmmmmm…

1 kata untuk si nouval ini: NGAWUR! (idiot) Enak aja copas artikelku lalu diganti nama dia seenaknya. Untuk membuktikan rasa penasaran, aku lihat seurce code postingan tsb. Semua gambar di postingan tersebut link-nya masih asli, yaitu file jpg yang kuupload ke wordpress. Waktu itu aku langsung kasih komen ke postingan tsb. Dan sampe sekarang komenku gak pernah nongol di sana. Kemudian muncul ide lain untuk mempermalukannya. Yaitu dengan mengedit gambar tersebut, kuberi watermark “alifahmi.wordpress.com”. Sayangnya, setelah mencari cara untuk mengedit gambar yang sudah diupload, tidak juga ketemu. Kalau upload sebuah gambar, otomatis linknya memuat bulan dan tahun upload. Karena udah beda bulan dengan waktu upload yang pertama, jadinya gak bisa. Dan rencana tersebut gagal. Yah, sudahlah. (lonely)

Selang beberapa lama, sekitar bulan Mei – Juni (lihat di komentarnya) banyak yang bilang kalau cara itu sudah dicoba dan gagal. Kena batunya juga dia. Gak ada jawaban apa2 dari si empunya blog. Hanya satu komentar yang mirip dengan komentarku di postinganku: “trik tersebut kadang berhasil – kadang tidak.” Sebenarnya aku males banget buka blog si nouval ini. Hingga beberapa bulan kemudian, untuk memenuhi rasa penasaran, aku coba googling lagi. Postingan itu masih ada. Ternyata isi tulisan itu sudah diedit (taser). Setelah mencari-cari di tempat lain, ternyata isinya persis dengan isi blog yang alamatnya tertulis komentar postinganku. Yaitu di http://madeinjogja.blogspot.com/2009/06/mengatasi-keampuhan-anti-executable.html. Semoga yang tertulis di madeinjogja.blogspot.com itu memang asli dari si pemilik blog. Tapi apa yang kulihat di blognya noval? Tidak ditemukan sumbernya sama sekali.

Bisa ditarik kesimpulan, bahwa si nouval ini hanya tukang mencari keuntungan aja. Terutama demi mewujudkan cita-citanya agar blognya dikunjungi dan dipuji orang. Atau biar iklan2nya diklik orang. Biar dollar mengalir ke rekeningnya tanpa bersusah payah. Ketika tulisan hasil copasnya sudah tidak manjur, ia ganti dengan tulisan lain yang sama-sama copas pula. Jeleknya, tidak dituliskan apakah itu tulisannya sendiri atau tulisan orang lain. Alhasil, orang yang baru pertama kali melihat tulisan semacam itu di blog tsb menjadi korban. Ia mengira itu adalah tulisan yang dibikin sendiri oleh si pembuat blog. Apalagi kalau si pembaca menuliskannya lagi di tempat lain dengan menyertakan link si pembajak.

Yah, tulisan ini kubuat sekedar untuk menumpahkan kekesalanku pada noval si pemilik blog yang sekarang udah pindah ke alamat baru ini(fish_hit). Sekaligus untuk pelajaran buat para blogger yang lain agar lebih berhati-hati dalam menuliskan sumber asli dari tulisan yang anda copas. Kalau si penulis aslinya tidak rela tulisannya diaku-aku oleh blogger lain, bisa jadi doa yang buruk justru ia alamatkan ke si tukang copas level kedua dan seterusnya. Padahal harusnya si pengopas pertama yang bertanggungjawab. Salah satu blogger (pemula) yang menjadi korban si noval ini menuliskan postinganku di sini.

Akhir cerita, buat blogger yang mau posting tulisan yang gak mau diaku-aku oleh blogger tak bertanggungjawab, aktiflah mengikuti perkembangan tulisan anda dan tulisan yang bertema sejenis. Kalau ada yang mengaku-aku, siapkanlah komentar untuk mendapatkan kembali hak dan harga diri anda. Kecuali kalau anda menulisnya dengan ikhlas dan hanya mengharap kebaikan untuk orang lain. Dan saya pun menghargai orang-orang yang menulis artikel bagus dengan anonim.

Dan buat blogger yang mau cari untung, hargailah orang lain. Bikinlah tulisan karya anda sendiri. Atau kalau mau copas suatu tulisan di blog, telusurilah dari mana tulisan itu berasal. Sebisa mungkin tuliskan link penulis asli. Hal ini tidak lain untuk berbagi ilmu dan menghargai si pembuat karya. Kecuali anda memang tipe orang yang tidak peduli dengan orang lain dan siap untuk tidak dipedulikan orang lain juga. Untuk siapapun yang merasa tersinggung dengan tulisan ini, saya mohon maaf (worship). Kritik bukan untuk menghancurkan, tapi untuk membangun. Silakan kritik saya! (bringit)

8 thoughts on “PLAGIAT

  1. Hohohoo… aku yo tau og… tapi yang bersangkutan minta izin.. hahaha…

    Well, cara bikin icon plurk gitu dimana??? ada plug-innya pow??? trus, kalo emang bisa, apa itu bawaan plurk? ato itu khusus di wordpress.??

    Terimaha kasih… :DD

  2. btul skali itu Al…

    ada beberapa pengalaman jgi setelah 3.5 tahun ngeblog beberapa tulisan di-copas seenak perutnya- baik beberapa paragraf maupun seluruh isi bahkan titik koma. Tulisan tentang IIUM dan ttg Facebook yang biasanya nongol. Mg-mg si empunya blog sadar klo mencuri tulisan itu ada ganjarannya😀

  3. Na.. kalo merasa terdzalimi berdoa aja, insya Allah makbul😀

    yah, smoga aja mreka sadar.. dan tulisanmu bermanfaat buat yg membacanya.
    ilmu yg bermanfaat kan pahala yang gak terputus.. (worship)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s