Skripsi (3): Pendadakan dan Pendadaran

8 Januari 2013

syarat_skripsi

Waktu itu saya ke TU untuk menanyakan syarat-syarat ujian. Ternyata saya harus mengisi form tugas akhir disertai draft skripsi yang sudah disetujui oleh dosen pembibing skripsi. Meluncurlah saya menemui Pak Eddy. Tiba-tiba saya bersemangat untuk bisa wisuda Februari. Maklum, saya sudah gagal memenuhi target wisuda 2 kali. Saya bilang ke beliau kalau ingin wisuda Februari. Oleh karena itu saya harus ujian sebelum batas yudisium yang jatuh pada tanggal 16 Februari (kalau tidak salah ingat). Untuk itu saya harus segera mendaftarkan diri ke TU untuk ujian skripsi, dan memerlukan persetujuan dan tanda tangan Pak Eddy. Alhamdulillah, beliau memberikan izin meski saya baru seminar 1 kali, dan seminar kedua baru akan dilakukan tanggal 11 Januari. Maka jadwal yang paling memungkinkan adalah tanggal 14 Januari. Hari itu juga saya mengumpulkan syarat-syarat ujian skripsi. Ini yang namanya pendadakan.

9 Januari 2013

Setelah syarat-syarat lengkap, saya mendaftar ujian skripsi alias pendadaran untuk tanggal 14 Januari. Karena batas yudisium hanya 2 hari setelah ujian, dan waktu tersebut bakal habis untuk revisi, jilid skripsi, bikin poster, dsb, maka saya harus mengumpulkan syarat-syarat itu sebelum ujian. Untungnya ada 2 syarat yang sudah diperoleh sebelumnya. Saya pun membuat timeline seperti di bawah ini.

syarat_yudisium14 Januari 2013

Saya didadar oleh Pak Wiwit Suryanto, Pak Waluyo, dan dosen pembimbing skripsi Pak Eddy Hartantyo. Alhamdulillah, semua berjalan lancar.

14 – 18 Januari 2013

Revisi skripsi, minta tanda tangan, jilid ekspress, membuat ringkasan + paper, burn CD, mendesain poster + ngantri nyetak, mengurus yudisium ke dosen & pengajaran. Hari super sibuk dan melelahkan.

Finally, setelah yudisium adalah mendaftar wisuda. Saya lupa kapannya. Yang jelas, saat menunggu wisuda itu rasanya sudah plong…

19 Februari 2013

Hari-H wisuda, rasanya biasa-biasa saja. Tidak sebahagia saat diminta Pak Eddy menulis skripsi. Haha. Hari itu hanya 4 orang mahasiswa Geofisika yang diwisuda. Kami diarak oleh adik-adik agkatan menggunakan pickup lab dari Grha Sabha ke fakultas. Malu sekaligus terharu😀

Teja, Bayu, Ali, Indra

Teja, Bayu, Ali, Indra

Baca tulisan sebelumnya:
Skripsi (1): Idealisme vs. Realitas
Skripsi (2): Mengejar Deadline

Tinggalkan Balasan

